Minggu, 09 April 2017

Struktur Web Termasuk Berbagai Jenis Web

Apa itu Web? World Wide Web (WWW), lebih dikenal dengan web, merupakan salah satu layanan yang didapat oleh pemakai komputer yang terhubung ke internet.



Web pada awalnya adalah ruang informasi dalam internet, dengan menggunakan teknologi hyperteks, pemakai dituntut untuk menemukan informasi dengan mengikuti link yang disediakan dalam dokumen web yang ditampilkan dalam browser web. Kini internet identik dengan web, karena kepopuleran web sebagai standar interface pada layanan-layanan yang ada di internet, dari awalnya sebagai penyedia informasi, kini digunakan juga untuk komunikasi dari email sampai dengan chatting, sampai dengan melakukan transaksi bisnis.

Selain itu web juga mempunyai site yang bisa dikunjungi atau dengan nama lain Website. Apa itu Website?? Situs web atau sering disingkat dengan istilah situs adalah sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya. 


Dengan kata lain Website adalah sebuah cara untuk menampilkan diri di Internet. Dapat diibaratkan Website adalah sebuah tempat di Internet, siapa saja di dunia ini dapat mengunjunginya, kapan saja mereka dapat mengetahui tentang informasi yang disajikan, memberikan pertanyaan, memberikan masukan atau bahkan mengetahui dan membeli produk.

Jadi, bisa diartikan web adalah gerbang untuk menuju website atau situs yang akan dituju, sehingga kita dapat mengaksesnya lebih mudah, dan juga web mempunyai struktur sebagai berikut pengertiannya :
Struktur Situs Web merupakan bagian yang sangat penting yang harus dikuasai oleh seorang web designer. 


Dalam suatu organisasi apapun, pasti memiliki struktur organisasi. Organisasi situs web mengatur bagaimana hubungan antar halaman web, sehingga membuat pengunjung situs menjadi nyaman melalui Struktur Situs Web :
Struktur Linear :
  • Struktur linear murni
  • Struktur linear dengan halaman tambahan
  • Struktur linear dengan halaman pilihan
  • Struktur linear dengan halaman alternatif
Struktur Grid : 
  • Merupakan perluasan dari struktur linear murni.
  • Struktur ini juga mengandung struktur linear dengan halaman alternatif dan struktur linear dengan halaman tambahan.
Struktur Hierarki :
  • Sangat banyak digunakan oleh sebagian besar situs web. Karena struktur ini bersifat fleksibel dan mudah untuk dikembangkan jika diperlukan.
  • Menggunakan sub-sub direktori dan membentuk level-level ke bawah.
  • File-file yang memiliki karakteristik fungsi yang sama akan disimpan dalam satu dierktori.
  • Pada struktur ini gambar-gambar yang digunakan dalam setiap halaman web disimpan dalam sebuah drektori tertentu.


Jenis Jenis Web :
Dari jenis-jenis website yang ada, kita bisa memilih beberapa jenis website untuk diintegrasikan sesuai dengan kebutuhan, seperti :



1. Search Engine atau Mesin Pencarian
Search Engine atau mesin pencari adalah jenis website yang khusus mengumpulkan daftar website yang bisa ditemukan di internet dalam database kemudian menampilkan daftar indeks ini berdasarkan kata kunci atau “keywords” yang dicari oleh user, contohnya seperti google dan bing.

2. Web Portal.

Web Portal adalah situs yang mengumpulkan dan menyediakan aneka informasi dari berbagai sumber untuk ditampilkan kepada user, jika user tertarik untuk mengetahui informasi yang ada dengan lebih lengkap, user akan diarahkan ke sumber yang aslinya, contohnya yahoo dan msn.

3. Wiki.
Website wiki adalah website yang mengijinkan pengunjung untuk ikut menulis dan mengedit artikel yang ada dalam website tersebut dengan mengacu pada peraturan-peraturan tertentu. Masing-masing website wiki memiliki aturan yang berbeda-beda.

4. Archieve Site

Archieve site atau situs arsip adalah website yang dibuat untuk mengumpulkan dan menyimpan materi-materi elektronik berupa konten-konten dan halaman-halaman website agar tidak hilang/punah, contohnya archieve.org.

5. Social Networking/Social Media

Social media termasuk salah satu fenomena yang luar biasa hingga saat ini, khususnya diwakili oleh Facebook. Situs social networking atau situs pertemanan online adalah situs yang disediakan bagi para membernya untuk bertukar informasi dan media elektronik lainnya seperti foto, musik dan video. Tapi Bukan hanya facebook, banyak seperti line, bbm, twitter dll yang merajai Social Media sekarang.

Kesimpulan:
Web yang beguna sebagai gerbang internet untuk menuju ke suatu tempat (Website) akan sangat membantu manusia zaman sekarang untuk mempermudah keperluannya, melewati web yang mereka tahu. Semua kebutuhan manusia sudah dipenuhi dengan mudah lewat web/website, dimana manusia mempuyai tujuan untuk mencari apa yang mereka butuhkan di dunia ini melewati internet. Seperti contoh manusia akan mengunjungi/menggunakan social media yang mempunyai kebutuhan individual maupun sosial untuk mengetahui/membutuhkan satu sama lain, melewati web,situs dan strukturnya, manusia bisa lebih terbantu dengan adanya ini.


Sumber:
https://stely-novenus.blogspot.co.id/2016/03/apa-itu-web.html
http://www.nyekrip.com/apa-itu-website/
https://211093awan.wordpress.com/2013/07/04/tugas-keempat-softskills-semester-4-web-content-structure-web-analysis-web/
http://www.dunia-online.net/article/mengenal_jenisjenis_website_berdasarkan_fungsinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar