Pengertian Desain Pemodelan Grafik
Desain
pemodelan grafik merupakan suatu proses penciptaan suatu obyek baru dengan
menggunakan software melalui beberapa tahapan, yakni membuat, menyimpan dan
memanipulasi model.
Desain
pemodelan grafik terdiri dari 3 suku kata yaitu Desain, Pemodelan, Grafik
dengan memiliki arti :
- Desain
: Seni terapan, arsitektur dan pencapaian kreatif lainnya.
- Pemodelan
: Pola dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang.
- Grafik : Perwujudan
dalam bentuk huruf, symbol dan gambar dengan melakukan proses pencetakan.
- Desain
Grafik : Seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang dan gambar.
Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi visual.
Prinsip dan Unsur Desain Grafik
Desain
grafis mempunyai prinsip untuk kreatif, efisien, komunikatif dan efektif.
Unsur –
unsurnya :
a. Garis
(Line)
Unsur desain
yang menghubungkan antara satu titik dengan titik poin yang lain sehingga
berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight).
b. Bentuk
(Shape)
Hal yang
memiliki diameter tinggi dan lebar.
c. Huruf
(Character)
Digunakan
untuk membentuk tulisan sebagai wakil dari bahasa seperti huruf huruf abjad.
d. Simbol
(Symbol)
mewakili
bentuk benda secara sederhana dan dapat dipahami secara umum sebagai lambang
untuk menggambarkan suatu bentuk benda nyata. Misalnya gambar orang, bintang,
bulan matahari dalam bentuk symbol.
e. Bentuk
Nyata (Form)
Bentuk ini
nyata dan mencerminkan kondisi fisik dari suatu obyek. Seperti gambar manusia
secara detail, hewan dan benda lainnya.
f. Tekstur
(Texture)
Merupakan
tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara
dilihat.
h. Ukuran
(Size)
Mendefinisikan
besar kecilnya suatu obyek.
i. Warna
(Color)
Warna dapat
menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari
bentuk-bentuk visual secara jelas.
Sejarah dan perkembangan grafik
Pada awalnya
media desain grafis hanya terbatas pada media cetak. Namun, perkembangannya
semakin pesat ke dunia multimedia (diantaranya audio dan video). Desain grafik
juga diterapkan dalam media elektronik yang sering kali disebut sebagai desain
interaktif atau desain multimedia.
Bidang ilmu yang berkaitan dengan Desain
Pemodelan Grafik dan Manfaatnya
a. Bidang
Pendidikan
Grafik
komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada
siswa secara nyata,dapat melalui power point ataupun software lainnya.
b. Bidang
Hiburan
Desain
Pemodelan Grafik sangat berguna misal saja pada setiap acara televisi, sekarang
ini sudah hampir semuanya menggunakkan desain grafis. Mulai dari iklan dll.
c. Bidang
Budaya
Berguna
sebagai penggambaran nilai seni dalam budaya tersebut.
d. Bidang
Perancangan
Digunakan
untuk mendesain suatu arsitektur bangunan,desain kendaraan dan lainnya.
e. Bidang
Teknologi.
Mempengaruhi
desain yang diproduksi dan juga
mempengaruhi perkembangan dalam gaya dan seni.
Contoh Software yang berhubungan dengan
desain grafik
Auto Cad
dalam bidang perancangan.
Power Point
dalam bidang pendidikan.
Corel Draw
dalam bentuk teknologi.
Referensi :
http://tipskompunet.blogspot.co.id/2015/10/pengertian-desain-dan-pemodelan-grafik.html
http://bayupriyandika.blogspot.co.id/2015/10/pemodelan-desain-grafik.html
http://andrianime.blogspot.co.id/2014/10/pengertian-unsur-dan-prinsip-desain.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar